Komputer Grafik

 

Category Archives: Komputer Grafik

Morphing

Posted by

Morphing merupakan teknik perubahan sebuah bentuk objek secara bertahap menjadi objek lain. Morphing smerupakan salah satu teknik yang sangat banyak digunakan di dunia hiburan karena efek dari morphing sangat menarik untuk di amati. Ada beberapa tahap yang di jalani dalam proses morphing yaitu warping dan Cross Dissolve. Morphing memerlukan dua gambar yaitu sebagai sumber dan hasil.  Morphing paling sederhana dapat menggunakan interpolasi linier.

Contoh Morphing

Cth. Morphing

Cth. Morphing

Program Sederhana OpenGL

Posted by

Ini contoh running programnya..tutorialnya bersambung yah…

Cara Kerja Scanner

Posted by

Scanner adalah sebuah alat yang mampu memindai gambar, text dari bentuk fisik ke dalam bentuk digital dan di tampilkan ke dalam sebuah alat output berupa monitor. Pada dasarnya prinsip kerja scannaer tidak jauh berbeda dari pada prinsip kerja mesin fotocopy. Perbedaanya adalah hasil dari mesin fotocopy langsung dicetak ke dalam kertas, sedangkan scanner memindai objek yang di baca ke dalam bentuk digital.

Ketika kalian meletakkan gambar/kertas diatas permukaan kaca scanner/pemindai dan menekan tombol mouse untuk memulai memindai yang terjadi adalah cahaya yang dipancarkan lampu scanner ke gambar akan segera dipantulkan, kemudian pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner. Read the rest of this entry →

Komputer Grafik ?

Posted by

Komputer Grafik
Komputer grafik adalah sebuah proses pembentukan maupun manipulasi suatu model atau citra. Istilah komputer grafik pertama kali di temukan oleh William Fetter pada tahun 1960.  Berikut sejarah perkembangan komputer grafik.
  • 1960, William Fetter, dimulainya pembuatan model animasi
  • 1963, Ivan Shutherland (MIT), menggunakan sketcpad (Manipulasi langsung, CAD), alat untuk menampilkan vector.
  • 1968, Evans & Shutherland.
  • 1970, Pierre B’eezier, pengembangan kurva B’eezier.
  • 1972 Ditayangkannya film Westworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
  • 1974, Ed Catmull mengembangkan z-buffer.
  • 1976, Jim Blinn mengembangkan texture dan bumo mapping
  • 1977, Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
  • 1979, Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing.
  • Pertengahan tahun 70an – 80an, pengembangan Quest for realism radiosity. Read the rest of this entry →

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s